Continuous Form???

Continuous Form – Apakah Anda sudah pernah mendengar Continuous form? Kata tersebut merupakan sebuah jenis dari kertas. Bagi yang bekerja di kantor atau perusahaan pastinya sudah tidak asing lagi dengan kertas tersebut. Biasanya digunakan untuk membuat bukti transaksi yang terjadi.

Continuous form bisa didapatkan di toko kertas atau juga memesannya di percetakan. Pastikan ketika membeli jenis kertas ini harus dilihat seberapa bagus kualitasnya. Jangan sampai kertas yang dibeli memiliki kualitas buruk sehingga menghambat pekerjaan.

Cetakan continous form berbagai ukuran PT. RUP Jakarta

Seperti namanya kertas ini memang sengaja dibuat dengan menyatu. Tujuannya supaya lebih mempercepat selesainya pekerjaan. Selain itu juga sangat efektif dan efisien saat digunakan. Sekali print sudah menghasilkan beberapa lapis sehingga tidak menghabiskan tinta. Untuk lebih jelasnya, mari simak uraian di bawah ini.

Pengertian Continuous Form

Continuous Form merupakan salah satu jenis kertas yang biasanya digunakan untuk keperluan aktivitas di berbagai jenis kegiatan. Misalnya membuat tanda terima uang, formulir pendaftaran, surat jalan, tanda terima uang, surat pesanan barang, faktur pajak, nota penjualan, faktur penjualan dan kertas kasir..

Kata Continuous memiliki arti menyambung sedangkan form artinya bagian sebuah komponen. Apabila disimpulkan menjadi sebuah kertas yang mempunyai keunggulan untuk mencetak secara menyambung dan saling berkesinambungan antara satu dengan bagian lainnya.

Continuous form adalah jenis kertas multiply yang bisa digunakan untuk mencetak langsung salinannya tanpa perlu repot terlebih dahulu harus foto copy. Dari namanya saja sudah diketahui jika memiliki tampilan bersambung.

Continuous form

Kertas jenis ini cocok digunakan pada printer dot matrix. Printer dot matrix ini dibuat khusus untuk mencetak continuos paper. Setelah di print selanjutnya harus dirobek dan dipisahkan antar bagian satu dengan lainnya.

Untuk merobeknya juga sangat mudah karena memang sengaja didesain terbagi atas halaman-halaman yang bisa dipisahkan oleh garis lipatan. Sehingga antar lembaran bisa dipisahkan dengan mudah dan mempunyai lubang-lubang memanjang ke bawah sisi kanan dan sisi kiri. Sehingga membuat Continuous form bisa ditarik melalui printer dotmatrix.

Pabrik Percetakan Kertas Jakarta Continuous Form

Bahan yang digunakan untuk membuat continuos form adalah NCR (Non Carbon Required). NCR bisa juga diartikan dengan kertas yang bisa tembus warna tanpa menggunakan karbon hitam.

Kertas jenis ini memiliki dua jenis lapisan yaitu colour transfer dan colour receiver. Sedangkan untuk NCR mempunyai tiga jenis kertas yaitu top, middle dan bottom. Top sheet merupakan lembar utama, middla sheet berada di bagian tengah dan bottom berada di susunan paling bawah. Dengan ukuran yang dimiliki adakah mulai dari 50-55 gms hingga seukuran HVS yaitu 60 hingga 80 gms.

Keunggulan Kertas Continuous Form

  1. Kertas Saling Menyatu

Kertas ini memang sengaja dibuat dengan bersambung supaya saling menyatu. Dengan tujuan untuk dijadikan sebagai pembuktian dari pembayaran atau berbagai keperluan di setiap perusahaan. Tanpa terkecuali pada perusahaan jasa sewa mobil.

  1. Bukti yang Sah

Pembuktian yang ada pada kertas Continuous form hingga saat ini masih digunakan. Alasannya karena telah menjadi kesepakatan dunia sebagai bukti yang sah jika terjadi suatu transaksi. Dengan adanya kertas ini maka bisa di klaim sebagai form yang mempunyai kebenaran mutlak.

  1. Mudah Dirobek

Kertas ini sengaja dibuat dengan dipisahkan oleh garis lipatan. Tujuannya supaya mudah untuk dirobek. Karena kertas ini dibuat dengan menyatu maka akan sulit dirobek jika tidak ada garis lipatan tersebut.

  1. Lebih Simpel

Penggunaan kertas jenis ini memang sangat simpel untuk membuat sebuah bukti tertulis dari berbagai macam transaksi. Menariknya lagi juga mempunyai berbagai macam fungsi dan didesain dengan beberapa lapisan. Tujuannya supaya mempermudah mendapatkan lampiran sebuah dokumentasi.

Kegunaan Continuous Form

  1. Sebagai Bukti Terima Uang

Dalam suatu perusahaan setiap harinya pasti ada banyak transaksi keuangan, baik penerimaan maupun pengeluaran. Setiap menerima uang harus disertai dengan bukti terima uang. Tujuannya supaya mempermudah proses pembuatan laporan keuangan. Selain itu juga sebagai bukti jika transaksi memang benar-benar terjadi,

Untuk mempermudah dalam membuat bukti terima uang maka bisa menggunakan kertas Continuous form. Alasannya karena memiliki beberapa lapis sehingga hanya membuatnya satu kali saja sudah jadi beberapa bukti.

  1. Formulir Pendaftaran

Seperti yang diketahui jika ketika melakukan pendaftaran dalam suatu sekolah atau membuka rekening bank maka diminta untuk mengisi formulir. Kertas yang digunakan dalam formulir pendaftaran ini biasanya kertas continuos form karena mempunyai beberapa lapisan.

  1. Pembuatan Faktur Pajak

Penggunaan continuous form memang sangat efektif dan efisien. Bahkan juga tidak menghabiskan banyak tinta ketika di print. Maka dari itu dalam membuat faktur pajak banyak yang memilih menggunakan kertas jenis ini.

Faktur pajak itu sendiri merupakan bukti pemungutan pajak oleh pengusaha kena pajak (PKP). PKP harus membuat faktur ini sebagai bukti jika telah memungut pajak dari orang lain ketika membeli barang atau jasa.

  1. Surat Jalan

Surat jalan merupakan salah satu dokumen wajib yang harus disertakan ketika melakukan pengiriman barang ke berbagai alamat tujuan. Untuk membuatnya dibutuhkan jenis kertas tersebut.

Surat jalan yang dibuat terdiri dari beberapa lapis karena memang yang satu akan diberikan pengirim barang. Sedangkan lapisan lainnya disimpan oleh perusahaan pengiriman barang sebagai bukti adanya transaksi.

  1. Membuat Faktur Penjualan

Kegunaan selanjutnya adalah untuk membuat invoice atau faktur penjualan. Faktur penjualan dibuat untuk memberikan keterangan harga serta total tagihan yang akan diberikan kepada pembeli.

Faktur pembelian juga menjadi salah satu bukti yang sah terlebih dibuat menggunakan kertas jenis tersebut. Dimana pembeli dan penjual memiliki bukti transaksi yang sama.

  1. Membuat Slip Gaji

Keberadaannya cukup penting karena sebagai bukti resmi dari rincian gaji yang diperoleh oleh karyawan. Isi merupakan rincian gaji bersih yang diperoleh, uang lembur, jumlah pinjaman dan potongan gaji.

Slip gaji dibuat dengan beberapa buah sehingga harus menggunakan kertas continuous form. Satu lapisan akan diberikan kepada karyawan sebagai bukti telah menerima gaji dengan nominal tertentu. Lapisan lainnya akan digunakan sebagai bukti perusahaan telah terjadi transaksi pengeluaran untuk gaji.

  1. Membuat Nota Penjualan

Pembuatan nota penjualan dalam suatu perusahaan memang sangat penting. Bukan hanya sebagai formalitas tetapi juga untuk mempermudah saat dilakukan rekap laporan keuangan.

Fungsi dari nota penjualan ini adalah memperlihatkan total keseluruhan dan jumlah produk yang harus dibayarkan. Selain itu juga sebagai tanda terima terjadinya transaksi antara kedua pihak. Untuk mempermudah harus membuat kertas continuous form.

  1. Surat Pesanan Barang

Sebagai bukti telah memesan barang kepada suatu perusahaan maka perlu membuat surat pesanan. Surat pesanan barang baisanya juga dibuat dalam beberapa lapis sebagai bukti yang sah. Maka dari itu menggunakan kertas jenis ini.

Nah itulah pengertian dan juga kegunaan dari kertas continuos form. Diharapkan informasi di atas juga digunakan oleh perusahaan baru sebagai bukti transaksi yang sah. Semoga sedikit ulasan di atas bisa bermanfaat untuk semua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *